Rabu, 09 Mei 2012


DISKRIPSI SALAK PONDOH
Sudah tidak disangkal lagi bahwa salak pondoh ternyata memiliki penggemar yang sangat banyak, termasuk kita tentunya. Hal itu tampak pada permintaan salak pondoh yang terus meningkat dari tahun ke tahun.Walaupun demikian, mungkin beberapa diantara kita masih belum mengetahui, seperti apa sih ciri-ciri pohon dan buah salak pondoh itu? Nah, buat yang penasaran, mari kita ikuti pembahasan di bawah ini. Check this out!!
Berdasarkan tampakan fisik, pohon salak Pondoh berakar serabut, silindris, diameter antara 6-8 mm. Penetrasi pohon salak pondoh bersifat dangkal sampai sedang, akar-akar baru tumbuh dari batang tepat pada tajuk daun, menjulur masuk kedalam tanah.
Salak pondoh memiliki daun majemuk, menyirit genap, beranak daun gasal, pada bagian ujung, 2-3 helai anak daun menyatu, duduk dan tersebar berjejal diujung batang, tangkai daun silindris.
Bunganya berbentuk tongkol majemuk yang muncul dari ketiak daun, bertangkai, dan mula-mula terbungkus seludang (penutup). Penyerbukan terjadi secara entomofili dan antro mofili.
Bunga jantan panjangnya 25-50cm bertangkai seludang berwarna coklat merah. Seludang tersebut robek pada satu sisi, mengurai menjadi serupa serabut, jumlah tongkol 3-7. Masing-masing tongkol panjangnya antara 7-13cm, berdiameter 1-2cm, berbentuk silindris, bersisik dengan warna putih coklat, tersusun seperti genteng. Dari setiap ketiak sisik muncul sepasang bunga berwarna merah muda, ujung coklat merah, sehingga tongkol tampak berwarna coklat merah.
Bunga betina panjangnya antara 20-30cm, bertangkai panjang . Seludangnya (penutup) lebih pendek dan lebih lebar dari pada yang jantan, berwarna coklat merah, robek pada satu sisi, mengurai menjadi seperti serabut, tongkol berjumlah 1-4, dan masing-masing tongkol panjangnya sekitar 6,5-8cm, berdiameter 3-3,5cm, dan berbentuk oval warna merah muda.
Salak pondoh memiliki buah sejati tunggal bertipe buah batu yang berbentuk bulat sampai bulat telur terbalik. Panjangnya sekitar 4,5-7cm, berdiameter 4-6cm. Tiap dompol terdapat 10-40 butir buah. Kulit terdiri atas banyak sisik, yang tersusun seperti genteng yang menyatu, berwarna kuning coklat, sampai hitam. Jika sudah masak, maka buah akan mudah lepas dari dompolnya.
Biji salak pondoh umumnya berjumlah tiga butir perbuah, dan memiliki selubung biji (Arillus) yang sempurna, yang biasa disebut dengan daging buah. Daging buah tersebut berwarna putih kabur sampai krem, memiliki tiga sisi. Dua sisi yang pertama berbentuk datar dengan tebal antara 1-3mm, dan satu sisi yang lain berbentuk lengkung dengan tebal antara 4-5mm.
Gimana, udah tau ciri-cirinya? Pastinya udah dong…. Paling tidak kita jadi tambah ngerti tentang tampakan fisik buah favorit kita itu. Kyknya aneh aja kalo misalnya kita sering makan buah salak pondoh, tapi kita malah ga tau bentuk pohonnya seperti apa, iya kan, hehe…. Oke deh, enjoy!
Sumber: Hanny, dalam http://all4webs.com/x/m/hanny84/ (dengan perubahan seperlunya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar